nama : Agus Hendrawan
nim :11410100082
studi : Pengantar teknologi informasi
kelompok : O2
Dosen : Chayadi oktomy notosusanto
Perusahaan komputer Dell sudah beroperasi selama 15 tahun dan
mempunyai perkembangan dalam financialnya dari 6.2 juta dollar
pada tahun 1985 sampai dengan 21.7 milyar dollar di tahun 1999.
Pada tahun 1999, Dell menempati rangking ke-2 dalam memasarkan PC di
Amerika dan dunia. Keberhasilannya adalah sejak menemukan model
pemasaran secara langsung yaitu business-to-customer yang
merevolusi industri PC pertama kali di Amerika dan kemudian dilebih
dari 170 negara di seluruh dunia. Pada kuartal pertama tahun
1997, Dell melaporkan penjualan harian secara on-line sebesar US $ 1
juta. Untuk bulan agustus tahun 1999 penjualan harian secara
online telah mencapai US $ 30 juta, menerjemahkan ke US $ 11 miliar
per tahun. Pada akhir tahun 2000, Dell menargetkan untuk melakukan
setengah dari bisnisnya di setiap daerah secara online. Michael
Dell meraih reputasi sebagai CEO termuda dari 500 perusahaan terkaya.
Selain itu ia sebagai salah satu dari 25 manajer top di
tahun 1997 ““Top 25 Managers of the Year” oleh Business Week’s.
“Entrepreneur of the Year” oleh perusahaan majalah, “Man of the
Year” oleh Majalah PC dan “CEO of the Year” oleh dunia keuangan.
Keberhasilan Michael Dell dan Dell Computer Corporation didirikan
pada model direct business-to-consumer. Perusahaan ini didirikan
pada konsep sederhana: bahwa dengan menjual komputer pribadi secara
langsung kepada pelanggan, Dell harus bisa memahami kebutuhan
mereka dan mampu memberikan solusi yang paling efektif untuk memenuhi
kebutuhan tersebut. Dell jual langsung kepada pelanggan, berurusan
langsung dengan pemasok dan berkomunikasi langsung dengan karyawan,
semua tanpa campur tangan perantara. Untuk konsumen, apakah
konsumen biasa atau sebuah perusahaan multinasional, Dell manjadi
single point atas kontak dan akuntabilitas.
0 komentar:
Posting Komentar