kasus dell

nama : Agus Hendrawan
nim :11410100082
studi : Pengantar teknologi informasi
kelompok : O2
Dosen : Chayadi oktomy notosusanto

Perusahaan komputer Dell  sudah beroperasi selama 15 tahun dan mempunyai perkembangan dalam financialnya dari 6.2 juta dollar pada tahun 1985 sampai dengan 21.7 milyar dollar di tahun 1999. Pada tahun 1999, Dell menempati rangking ke-2 dalam memasarkan PC di Amerika dan dunia. Keberhasilannya adalah sejak menemukan model pemasaran secara langsung yaitu business-to-customer yang merevolusi industri PC pertama kali di Amerika dan kemudian dilebih dari 170 negara di seluruh dunia. Pada kuartal pertama tahun 1997, Dell melaporkan penjualan harian secara on-line sebesar US $ 1 juta.  Untuk bulan agustus tahun 1999 penjualan harian secara online telah mencapai US $ 30 juta, menerjemahkan ke US $ 11 miliar per tahun. Pada akhir tahun 2000, Dell menargetkan untuk melakukan setengah dari bisnisnya di setiap daerah secara online. Michael Dell meraih reputasi sebagai CEO termuda dari 500 perusahaan terkaya. Selain itu  ia sebagai salah satu dari 25 manajer top di tahun 1997 ““Top 25 Managers of the Year”  oleh Business Week’s.  “Entrepreneur of the Year” oleh perusahaan majalah, “Man of the Year” oleh Majalah PC dan “CEO of the Year” oleh dunia keuangan. Keberhasilan Michael Dell dan Dell Computer Corporation didirikan pada model direct business-to-consumer. Perusahaan ini didirikan pada konsep sederhana: bahwa dengan menjual komputer pribadi secara langsung kepada pelanggan, Dell harus bisa memahami kebutuhan mereka dan mampu memberikan solusi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dell jual langsung kepada pelanggan, berurusan langsung dengan pemasok dan berkomunikasi langsung dengan karyawan, semua tanpa campur tangan perantara. Untuk konsumen, apakah konsumen biasa atau sebuah perusahaan multinasional, Dell manjadi single point atas kontak dan akuntabilitas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar