RESUME SABTU 10 SEPTEMBER 2011

Acara pertama adalah melakukan apel pagi dilapangan stikom.setelah apel pagi kita menuju ruang serbaguna untuk melakukan seminar. Seminar pertama berjudul motivasi dibawa oleh dosen Bambang hariadi, isi dari seminar sebagai berikut. tentang definisi motivasi. Definisi motifasi adalah dorongan. Yaitu segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tertentu. Dan definisi yang kedua adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah pencapaian tujuan organisasi.
Menurut Staphen P. Robbins motivation adalah the processes that account for an individuals intensity, direction, and persitance of effort toward attaining a goal.
Motivasi ada kaitannya dengan kebutuhan, kebutuhan adalah kekurangan yang dirasakan seseorang pada waktu tertentu dan pengertian lainnya adalah suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tampak menarik. Ada 5 tingkatan kebutuhan manusia kebutuhan yang paling rendah adalah physiological, yang kedua adalah safety, yang ketiga adalah social, yang keempat adalah esteem dan yg paling tinggi adalah self-actualization. Ini adalah teori maslow.
Sedangkan teory yang dikemukakan oleh clayton alderfer dinamakan ERG theory, yaitu ada 3 group yang menjadi kebutuhan manusia yaitu existence, relatedness, and growth.
Persiapan dan perubahan sikap kerja yaitu bentuk sikap dan kebiasaan proaktif, melayani banyak bidang lain, selalu siap berubah, tampil terbaik agar orang lain puas, punya wawasan luas & minat beragam, perduli keterpaduan kerja (team spirit), perilaku merefleksi kepribadian, kerja berpikir & berpikir untuk kerja, work with plan & plan to work dan fun-inspiring-dynamic.\
Setelah itu dilanjutkan dengan seminar kedua yang berjudul kewirausahaan(entrepreneurship) yang dijelaskan oleh julianto yaitu tujuan kewirausahaan adalah membangun motivasi dan merubah mindset tentang entrepreneur. Makin tahun angkatan kerja makin banyak dan ada 740.206 pengangguran lulusan perguruan tinggi.
Siapakah seorang entrepreneur itu ? Seorang entrepreneur adalah mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. Itu yang dikemukakan oleh Dr. HC IR Ciputra.
Kewirausahaan merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku. Seorang wirausaha adalah menggeluti usaha tidak sekedar ala kadarnya, akan tetapi dengan keberanian, kegigihan sehingga usahanya tumbuh. Dan bersahabat dengan ketidakpastian.
Yang termasuk Entrepreneur mindset yaitu action oriented, berpikir simple, selalu mencari peluang baru, mengejar peluang dengan disiplin tinggi, hanya mengambil peluang terbaik, focus pada eksekusi, memfokuskan energi setiap orang dalam bisnis.
Yang diperlukan untuk memulai bisnis adalah motivasi, mindset dan make it. Macam-macam objek kewirausahaan adalah tujuan hidup, memotivasi diri, berinisiatif dan membentuk modal. Dan ciri-ciri utama entrepreneurship adalah opportunity creating, innovating, calculated risk tasking. Ciri-ciri orang berpikir kreatif adalah melihat dengan sudut pandang baru, menemukan hubungan baru dan membentuk komunikasi baru.
Setelah itu seminar selesai dan dilanjutkan dengan rencana buat sabtu depan yang bertemakan tentang lingkungan,setelah itu para mahasiswa yang mengikuti seminar dipersilahkan pulang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar