definisi Database Relational, Mutidimensional, Data Mining, Data Ware House, OLTP dan ETL

Nama      : Agus Hendrawan
NIm        : 11410100082
DOSEN  : Chayadi Oktomy Noto Susanto


a.       Relational Database adalah database yang paling umum digunakan, saat ini menggunakan meja untuk informasi struktur sehingga mudah untuk mencari.
b.      Database multidimensional adalah database yang memodelkan data sebagai fakta, dimensi, dan numerik untuk menganalisis data dalam jumlah besar, tujuannya untuk mengamil keputusan. Contohnya adalah interSystems Cathe, ContourCube, dan Cognoa PowerPlay. Database multidimensional menggunakan bentuk kubus untuk mempersentasikan dimensi-dimensi data yang tersedia bagi seorang, maksimal empat dimensi.
c.       Data mining adalah Serangkaian proses untuk menggali nilai tambah berupa informasi yang selama ini tidak diketahui secara manual dari suatu basis data dengan melakukan penggalian pola-pola dari data dengan tujuan untuk memanipulasi data menjadi informasi yang lebih berharga yang diperoleh dengan cara mengekstraksi dan mengenali pola yang penting atau menarik dari data yang terdapat dalam basis data.
d.      Data ware house adalah database yang saling bereaksi yang dapat digunakan untuk query dan analisis, bersifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, tidak berubah yang digunakan untuk membantu para pengambil keputusan.
e.      OLTP (On-Line Transaction Processing) adalah suatu pemrosesan yang menyimpan data mengenai kegiatan operasional transaksi sehari-hari.
f.        ETL (ekstrak, transform and load)adalah proses yang memungkinkan perusahaan untuk memindahkan data dari berbagai sumber, memformat ulang dan membersihkan, dan load ke database lain, data mart atau data warehouse untuk analisis, atau pada sistem lain untuk mendukung operasional proses bisnis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar