konsep dasar pengorganisasian
- dalam fungsi pengorganisasian,manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
- kerangka kerja tersebut dinamakan desain organisasi
- bentuk spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan struktur organisasi
ada 4 pilar dalam pengorganisasian:
- pilar pertama : pembagian kerja/spesialisasi kerja
- pilar kedua : pengelompokkan pekerjaan
- pilar ketiga : penentuan relasi antar bagian dalam organisasi
- pilar keempat : penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi/koordinasi
desain dan struktur organisasi :
- spesialisasi kerja
- departementalisasi : fungsional, produk, geografis, proses, pelanggan
- rantai komando
- rentang kendali
- spesialisasi dan desentralisasi
- formalisasi
aspek lini dan staf msdm
- wewenang
- line managers
- staff managers
0 komentar:
Posting Komentar