resume manajemen sumber daya Manusia pertemuan 2

konsep dasar pengorganisasian

  • dalam fungsi pengorganisasian,manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
  • kerangka kerja tersebut dinamakan desain organisasi
  • bentuk spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan struktur organisasi
ada 4 pilar dalam pengorganisasian:
  1. pilar pertama : pembagian kerja/spesialisasi kerja
  2. pilar kedua : pengelompokkan pekerjaan
  3. pilar ketiga : penentuan relasi antar bagian dalam organisasi
  4. pilar keempat : penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi/koordinasi
desain dan struktur organisasi :
  1. spesialisasi kerja
  2. departementalisasi : fungsional, produk, geografis, proses, pelanggan
  3. rantai komando
  4. rentang kendali
  5. spesialisasi dan desentralisasi
  6. formalisasi
aspek lini dan staf msdm
  1. wewenang
  2. line managers
  3. staff managers

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar